Awal Mula Nunchaku (Ruyung)

SEJARAH NUNCHAKU
Berdasar Etimologi (Ilmu Asal Kata)
         Kata "Nunchaku" Umumnya diyakini berasal dari kata nun (ヌン), yang berarti "Kembar" / "Ganda" dan Shaku (尺), ukuran panjang rata-rata dua bagian / bilah nunchaku (kurang lebih1/3 meter). Kata tersebut berasal dari pelafalan kosakata Jepang.
Tutul buatan JP Production Kedurus Surabaya

        Kendati dalam perkembangannya, Nunchaku ini dikenal dengan banyak nama di berbagai belahan dunia.Double Stick (Inggris), Two Section Staff / Chang Xiao Ban (Chinese), Tabak Toyok (Filipina,) Ruyung (Indonesia) dan lain-lain yang mungkin saya belum pernah mendengarnya.
Salah Satu Gaya Memegang Nunchaku

Asal Mula
        Mungkin anda tidak akan pernah membayangkan, bahwa asal mula senjata beladiri nunchaku ini berasal dari alat pertanian. Ya! Dahulu kala di Asia Tenggara menggunakan 2 bilah kayu untuk menumbuk padi atau kedelai. Panjang masing2 kisaran 40cm dan 170cm, lalu dalam perkembangannya 2 bilah kayu tersebut disamakan agar lebih nyaman dalam menumbuk. Ada perbedaan pendapat tentang asal usul nunchaku itu sendiri, sebagian besar berpendapat dari Cina atau Jepang.

      Di Kepulauan Ryu Kyu ( atau dikenal dengan nama Okinawa yang saat ini masuk teritori Jepang), Nunchaku merupakan salah satu senjata yang lahir karena waktu itu (sekitar abad 17) para petani dilarang menggunakan senjata tajam seperti pisau, pedang maupun panah. Sedangkan pada saat itu banyak rampok dan penjahat sehingga para petani merasa perlu untuk menggunakan senjata dalam rangka pertahanan diri.

   Bahkan di surabaya ada perkumpulan beladiri yang khusus mengembangkan permainan ini, dari sekedar hobi,cari teman dan lain-lain. karena memang nunchaku seru untuk di mainkan, mereka mempelajari berbagai trik dalam freestyle yang sangat menarik untuk di tonton.

Komentar

Postingan Populer