Pendakian Gunung Arjuna 3.339 mdpl (04-07, 03,2011)

Bro n sis pada awalnya kita udah merencanakannya tanggal 18-20 Februari 2011, kendala cuaca ditunda minggu berikutnya…eh ternyata ada kendala sama Kelengkapan Tim ditunda juga sampe minggu beriktnya, trus ada kendala dengan “salah satu anggota tim” akhirnya di tunda juga sampe akhirnya tanggal 04 Maret baru brangkat cuy…
Semula rencana pendakian dari tanggal 04 sampe 06 hari jumat sore sampai minggu sore, ternyata meleset. Kok bisa meleset?? Nah gini critanya.. Cekkiproootzzzxx!!



Jam 16.00 tanggal 04. Maret 2011 kita ngumpul di Leb Bahan Bakar teknik mesin unesa, Aku/Bakrus, Indra, Dedy. Ternyata selain kita ada juga anggota baru yang ikut mereka temennya Malik, tapi pas itu Malik lagi jemput mereka di lidah wetan kampus unesa. Akhirnya kita ngumpul di UKIM Unesa jam 18.00 anggota jadi 8 orang termasuk aku, Fida, Malik, dang 3 anggota dari FBS B. Jerman, Eni, Rhella, sama Aida. Hemmm… oke sip jadi pas kan 4 cowo 4 cewe.. lgian tar mereka di sana juga bisa nemenin fida, kan gak enak klo fida di sana cewek sendiri, secara fida kan orangnya Alim banget.. masak mau tidur bareng ma cowo satu tenda.. ohya gara Rhella n kawan2 keluar cari makan kita nunggu lama banget, mana hape ditinggal semua lagi jadi susah dihubungi… tapi semua tetep terkendali kok..
Dulu aku pernah mendaki ke puncak Welirang, jalur yang dilalui ke Arjuna sama dengan welirang, tapi dulu waktu aku masih pertama mendaki gunung aku gagal mencapai puncak welirang, ada sedikit ketakutan se gimana klo gak sampai puncak, dulu begitu berat, brangkat pagi sampai di Shelter 3/Mondokan skitar magrib n aku gagal hanya sampai di situ saja, tapi aku optimis aku sudah mempersiapkannya jauh2 hari, tidak seberti dulu yang hanya membawa perbekalan seadanya n perlengkapan yang gak memenuhi standar lokal. Klo sekarang perlengkapan sudah sangat memadai untuk yang aku bawa.

Oke semua perbekalan siap, Kita brangkat,, ternyata pas jam segitu Jl. A Yani macet total sampe masuk sidoarjo gile,… lama banget perjalanannya.. tapi ini bagian dari petualang jadi harus dibiasakan.. akhirnya kita sampe di rumah indra dulu ambil tenda n perlengkapan masak..abis itu brangkat deh ke tretes.. kita sampe di pos perijinan pendakian sekitar jam 21.30, Dedy Malik ma Aku bli makan dulu di warung terdekat lumayan bt ganjal perut laper banget se. mending kelaperan di sini daripada kelaperan di atas.. yang lainnya sedang menyiapkan perijinan n parkir motor untuk 3 hari mendatang sesuai rencana. Untuk parkir dibayar belakangan klo pendaki udah turun.. n untuk perijinan masuk kawasan gunung kita bayar sekitar Rp.4.500,-/kepala. Kita Cuma harus meninggalkan satu KTP aja ke pos.. biar mudah klo ada apa2 nantinya.

Berangkat
Dooor..23.00 Kita brangkat Malik bawa Tas Carrier yang besar sedang yang lain bawa perlengkapannya sendiri2. Cuaca mendung tapi kondusif, gelap, seram itu udah biasa senter di tangan cowok2 bt bantuin yang cewek. Indra paling depan yang cewek2 di tengah sedang aku ma dedy di belakang.. yup Shelter 1 kita gapai. Cuma selang waktu ½ jam dari Pos pendakian, sebenernya di sini ada warung yang buka klo kita gak terlalu malam biasanya buka tiap hari kalo hari sabtu dan minggu buka sampe jam 3 pagi kata orang2 se.. oke botol yang tadinya kosong sekarang diisi semua cz ini mata air terakhir sebelum shelter 2. Udah pada keliatan capek Aida, Rhella, Eni, ya emang mereka baru pertama mendaki gunung kalo Fida mah udah pernah menaklukkan Lawu tahun kemaren.. sekarang tas tambah beban Air.. bersiaplah kawan2 kita menuju Shelter 2.. “Gimana masih kuat?” kata indra’ “ya masih lah mereka menjawab.

Ayo Iseh kuat kan???hahaha

Dengan penuh semangat kita berjalan selangkah demi selangkah ke Shelter 2 dimana itu adalah Shelter tengah antara puncak dan Pos pendakian, nah sekarang jalan udah gak semulus tadi, udah berbatu cadas, tajam tapi stabil, jalan batu ini sering di lewati Mobil jeep Hartof untuk membawa turun batu belerang dari para penambang batu di Shelter 3 jadi jalannya lumayan stabil, “Aduh capek” siapa tadi yang bilang’ ternyata Rhella.. ayo rell aku semangati tinggal dikit lagi..tar kita di sana istirahat bangun tenda aku iming2 aja tar di sana bisa istirahat n tidur tiduran…haha, sering kita istirahat jalan 20m istirahat begitu terus, oh iya ada saran untuk pendaki pemula, klo anda kecapean pas jalan kaki dan ingin beristirahat saya sarankan jangan duduk dan menekuk lutut, sebaiknya cukup berdiri stabilkan badan n tunggu detak jantung anda normal kembali. Karena bila anda duduk dan menekuk lutut peredaran darah ke kaki anda akan terhambat dan menimbulkan farisess dan jika anda duduk asam amino yang ada di otot anda akan di netralisir sehingga waktu anda jalan anda akan merasakan kaki anda pegal dan linu terimakasih. Lanjut setelah hampir 4 jam kita sampai di Shelter 2, ternyata di sini rame banget banyak pendaki lain yang camp n mendirikan bivak(tenda) di sini secara ini adalah liburan panjang dari jumat sampe minggu jadi maklum aja kalo banyak pendaki yang meluangkan waktunya untuk mendaki ke puncak Arjuna atau Cuma untuk menghbiskan waktu di Udara terbuka, yah lega banget rasanya bisa istirahat tepat jam 03.00, para ibu2 udah pada siap bobo smua n yang cowok mendirikan tenda, di sini ada bangunan buat istirahat kondisinya ancur banget Cuma bangunan kayu biasa beratap seng, tidak jauh dari bangunan ini ada mata air yang airnya segar banget, secara air ini adalah sumber utama perusahaan air minum seluruh jawa timur, termasuk Aqua, ya akhirnya tenda berdiri dan kita istirahat sampe pagi untum melanjutkan perjalanan ke Shelter 3/terakhir itu adalah titik aman untuk pendakian ke puncak Welirang dan Arjuna.

Di Shelter 2, Tuh tenda Ijo ma Merah punya kita bozz

Pidip pidip hapeku berbunyi pidip pidip begitu bunyinya… hape pada bunyi smua jam brapa se ini..mata ngantk ..ternyata udah jam 05.30 Alarm hape bunyi smua, kita harus sholat subuh n mempersiapkan pendakian ke Shelter 3. Ya yang sholat dang sholat yang gak sholat dang Murtad.. abis sholat kita langsung packing tenda dan barang2, semua udah siap oh iya kita sekalian ambil air untuk persediaan perjalanan berikutnya.. tidak terasa udah jam 08.00 cuaca medung kondusif, ini bagus untuk meringankan perjalanan ke shelter 3 karena di sepanjang jalan itu jarang ada pohon2 n tebing di sebelah kanan jalan tapi dengan mendung kita gak bisa liat pemandangan terbuka dari atas ..ya itu tidak apa2 bukan di sini tujuan kita. Jadi tetep goo…. Udah pada kusut muka mereka aku juga udah merasa capek banget.. apalagi di sepanajng jalan banyak banget jalan yang curam n menanjak.. aku kasihan sama Aida dia keliatan kucel banget..akhirnya aku bawain aja tasnya biar dia bisa ringan, terpaksa aku bawa 2 tas..ternyata gak aku doang yang bawa 2 tas. Dedy bawa tasnya Rella n Indra bawa tasnya Eni, Cuma Malik ma Fida yang bawa tasnya sendiri2, akhirnya kita mulai terpisah jadi 2 kelompok. Fida n Malik, Aku, Rhella, Aida, Eni, Dedy, Indra di belakang jauh dari Fida n Malik, tiba2 dari belakang aku dengar suara Rhella teriak ke Aida pake bahasa gak jelas.. ya bahasa Jerman mana aku paham..ternyata Rhella digoda orang gila ,, iya orang gila yang dulu pernah mau aku pukulin gara2 ganggu aku juga, tapi kali ini dia bawa parang ma karung.. trus dedy bilang “ Siapa bak? ‘aku jawab“ Oh that’s motherfucker one, I want kill him thats time.. dedy “ Oalah wong iku? Stress pancene bak”, tu orang minta poto2 minta salam tangan.. trus indra ingat oh iya eni ma sapa? Sendri di depan dra.. klo gitu ayo kita temenin tar takutnya di ganggu ma tu orang, akhirnya indra n dedy lari ke atas duluan Rhella ma Aida sama aku..tapi baru 10 menit mereka berhenti.”Knapa ded kok berhenti?” Capek bak lari terus ternyata eni udah jauh..semoga aja dia selamat”..hahaha dasar sok pahlawan tapi tebal. Oke psikopat udah lewat ternyata eni aman-aman saja ma team dari kelompok lain.


Ati-Ati ma neh orang.. Psikopat, Pembunuh Berdarah-darah

Akhirnya Shelter 3 alias mondokan, di sini tempat terakhir peristirahatan n banyak bangunan permanen dari kayu beratap rumput buat para pekerja yang menambang batu belerang dari puncak gunung welirang. Mereka tinggal seminggu dan menambang, setelah seminggu mereka baru pulang dari mondokan, ya begitulah kerja keras para penambang itu. Oke sekarang semua udah pada ngumpul pada kucel semua wajahnya, apalagi rhella yang datang terakhir bareng aku ma indra dan dedy, akhirnya kita rapatkan mau ke puncak sekarang apa besok pagi, dari pertimbangan dan hasil disku akhirnya voting menyepakati pemberangkatan besok pagi hari minggu jam 7 pagi setelah itu langsung bergegas pulang itu rencananya.


Di Mondokan

Kita mendirikan bivak alias tenda di dekat sumber mata air agar mudah memasak dan keperluan lainnya. Ya kebetulan di tempat itu kita tidak sendirian ada kelompok dari sidoarjo dan dari malang. Kita sempet ngobrol dengan Mas Dedi dan Mas satunya sapa lupa aku jo… mereka baek banget.. gak terasa udah petang yang sholat asar udah pada sholat yang mau mandi gak ada yang mandi.. secara dingin banget.aku sempet di kerokin ma Rhella, tapi sante aja bos itu balas budi abis aku pijitin kakinya..wkwkwkwk, Akhirnya malam datang kita bikin api unggun dengan para pendaki yang lain, ternyata kita adalah satu2nya pendaki yang membawa teman cewek, lainnya pada cowok semua. Kok grimis.. rhella nyeletuk,. Ah tar juga reda kata temen2 dari bivak sebelah,, lho kok malah deres kata Rhella, ah tar juga reda kata mereka ternyata emang deres benget.., akhirnya kita putuskan masuk ke tenda dan tidur tapi malam semakin dingin dengan hujan rintik2 dan vida sempet menyerempet Hipotermia (penyekite wong kademen) dia hampir gak sadar , tapi semua kembali terkendali.. akhirnya pagi menjelang dengan langit mendung..alhamdulillah

Di Dalem tenda nyaman bozz..


Makan seadanya..

Bikin Tatto

Api Unggun

Pendakian di mulai, oh ya kita bareng 2 pendaki lain yang ikut dengan kita, setelah semua perlengkapan beres kita langsung melakukan perjalanan di pimpin sang maestro Pentil becak/ Indra. Langkah demi langkah kita lalui dan pemandangan indah di lereng gunung, semakin mendekati puncak gak sabar hati ingin sampai, padang savanna indah kita lalui padang savanna itu namanya Lembah Kidang, tak lupa kita ambil gambar untuk dokumentasi, ternyata gak terasa Aku, Indra dan Rhella tertinggal dari kelompok yang lain. Kita bertiga berjalan lambat kelaperan lupa klo bekal yang bawa bukan kita di tas yang aku bawa gak ada apa2 Cuma ada 2 senter doank, akhirnya setelah melewati lembah dan hutan aku dan Rhella sudah mendekati puncak tapi “Aduh mas, Sandalku pedot” bilang Rhella, Waduh, gimana neh aku mulai bingung secara Indra duluan nyusul yang lain tinggal aku ma Rhella. Akhirnya aku putuskan Rhella buat pake Sandal Eiger kesayanganku, gak papa deh yang penting semua terkendali.

Berdoa sek rek

Di tengah perjalanan

Istirahat dulu rek

Poto Nang Dukur Watu..apik

akhirnya aku nyeker untunglah kita sampai di puncak tertinggi ke dua di Jawa Gunung Arjuna 3339m dpl, wow luar biasa pemandangannya.. tak terbayangkan puas dengan pengorbanan beberapa hari terakhir. Ternyata kita tidak sendiri di sini. Akhirnya kita berfoto bareng dengan kelompok lain.. oke semua udah puas saatnya kita turun lagi, rasanya pengen lebih lama di puncak, tapi cuaca tidak mendukung mendung dan grimis.

3339 meter di atas permukaan laut..

Syukur Luar biasa

Bersama teman kita bisa

Mereka turun duluan kelompok kita terakhir, dari kelompok kita yang turun duluan vida dan malik, tapi untungnya sandalnya Rhella yang tadi putus di benerin malik n di pakenya.jadi kita bisa turun dengan leluasa, ternyata semua di luar dugaan Aida yang tadinya strong sekarang mulai loyo apalagi pas turun dari tembing kakinya keseleo gara2 kepleset, secara ke gunung pake spatu kat. Ya gak pa2 juga.. akhirnya satu cowok mengamankan satu cewek, Dedy ma Eni, Indra ma Aida, Aku ma Rhella, kita harus memegangi tangan para cewek pas turun kayak di pilem2 india lah… gak racing blas… aku ma rhella udah jauh di depen, ‘Rhel sekarang jam brapa?? Jam 5 mas, .. Wah gawat sebentar lagi malem, mreka bawa senter gak y” aku gelisah sambil berharap secara jarak kita udah jauh banget, aku panggil2 mereka gak ada yang bales. Akhirnya Kita putuskan untuk menunggu mereka, matahari udah tenggelam mereka blum datang juga senter aku nyalain, “Baaakkkh” aku denger ada yang mangil namaku ternyata itu dedy dan yang lain Alhamdulillah lega.. “km di mana dead”?, Arah jam 12 bak, saut dedy,, ooh iya sek tak senteri.. ternyata kita bertemu kembali jadi 6 orang, aku gak tau kabar malik ma vida tapi kami yakin mereka udah sampe di mondokan, ternyata kita tersesat di Lembak Kidang, ada 3 jalan setelah hampir 1 jam akhirnya kita putuskan berpencar mencari jalan, pertama Indra dan Eni cari jalan tapi Zonk.. akhirnya aku ma Dedy ternyata kita nemuin pita merah akhirnya aku kembali ke kelompok., pas aku balik Aidah udah pingsan..wah kaget banget, untungnya udah siauman n dibopong indra kita melanjutkan perjalanan dengan kepastian nol..udara semakin dingin, gigiku gak kuat menahan dingin sampe bersuara.. tapi tetep semangant setelah hampir 2 jam aku mendenganr suara Peluit, kita tau klo itu adalah Malik ternyata dia bawa bantuan dari kelompok pendaki lainnya.. Alhamdulillah kita selamat. Ternyata jam udah menunjuk 21.00 Semua kecapean kita langsung tidur. Malik bagian Koki secara dia yang paling Fit. sayang tidak ada bukti dokumentasi bt kejadian ini.

Cuma Pake Sleeping Bag. hahaha Basah bro bz keujanan

Akhirnya Hari Senin, kita putuskan langsung berkemas untuk pulang, cz ini udah terlambat untuk kuliah.. hahaha Kuliah lagi., semua beres, perlengkapan siap dan tenda udah masuk di dalam tas Carrier yang aku bawa di punggungku, langkah demi langkah kita lalui begitu menyenangkan., setelah berjalan kira2 2 jam kita sampai di shelter 2 yang hari sabtu kemaren begitu ramai tapi sekarang sepi skali, hanya sampah yang berserakan dari tangan yang tidak bertanggung jawab, kita istirahat sejenak dan ambil air minum dari sumber mata air, tas Carrier yang tadinya aku yang bawa sekarang gentian Dedy yang bawa, langkah kita tersa sangat cepat gak seperti waktu kita mendaki, udah terlihat payah semua apalagi Fida, Aida, ma Eni mereka lambat banget, tapi aku maklum aja namanya juga cewek.

Perjalanan Pulang

Indah pemandangannya!!

Aku, Malik, Vida, Rhella sampe di Shelter 1 duluan. Di sini ada warung yang tadi aku critain sekarang buka, lumayan ada gorengan Ote-ote yang mantap gak ada di puncak gunung.. akirnya setelah semua pada kumpul n udah puas istirahat kita lanjutkan perjalanan ke pos pendakian, ternyata hanya 10 menit kita sudah sampai, setelah makan di warung terdekat, indra ambil KTP n yang lainnya ambil motor ternyata Motor Jupiternya Dedy mogok rewel.. ah males banget.. setelah kita terapi akhirnya mau hidup,, yeah Goooo Hooomeee.

Ingat

Komentar

Postingan Populer