Nama lengkapku Muhammad Bahrusshodiq  Aku mahasiswa semester 3 Jurusan Teknik Mesin Surabaya State University (UNESA) aku jurusan pendidkan teknil mesin.a;ku sebenabnya belum praktik tapi aku punya keinginan untuk tahu kebih jauh masalah mesin. Suatu hari aku melihat suatu berita tentang kelangkaan BBm yang berkecamuk di berbagai dareah di negeri ini dan setelah aku simak berita itu bahwa telah ditemukan suatu energi alternative untuk mengatasi keadaan tersebut.ya kalo aku bilang sih biasa, di mana2 kalo orang kepepet pasti mau berfikir.di berita itu disebutkan bahwa penemuan itu adalah membahas tentang air yang dapat dibakar sebagai pencampur bahan baker supaya bisa lebih irit,lho air kok bisa dibakar???pasti kawan2 juga bertanya demikian kn??  Nah setelah saya amati ternyata prosesnya panjang namun tidak terlalu rumit untuk membuatnya.tenyata hnya menggunakan teori kimi yang ada pada waktu kita kelas satu SMA dlu,hanya larutan air yang mempunya elktrolit kuatlah yang bisa digunakan sebagai bahan baker alternative tersebut.dengan cara dialairi listrik nah karena elektrilit dialirl listrik maka terjadilah reaksi kimia yang di sebut anak2 kimia sebagai reaksi elektrolisis, nh larutan itu kita bisa pakai soda kue. sayangnya kemarin aku lupa menanyakan ke anak kimia tentang rumus reaksinya,dengan demikian didapatkan uraian gas dari H2O menjadi gas dua Hidrogen dan satu Oksigen,yang keduanya dapat dibakar! Setelah saya mencari dari berbagai sumber di perpustakaan teknik mesin UNESA saya mempunyai gambaran mengenai cara pembuatan alatnya,pertama agak ragu sih berhasil gak ya?tapi saya nekat dengan mengorbankan motor kesayangan saya sebagai praktiknya YAMAHA V|EGA R 2006,setelah waktu liburanku habis hanya untuk membuat dan megujicobanya akhirnya aku puas karena dapat menghemat BBM sampai 30%, yang tadinya Surabaya-Tuban (-+120 km) kira2 habis 3 liter sekarang jadi 2-2,25 liter lo. Langkah2 pembuatannya sebagai berikut kawan!! 1.Siapkan tabung kira2 tingginya 15 cm dan diameternya 7 cm tabung bisa di sesuaiakan dengan besar arus listriknya. 2.siapkan kawat stainless sebagai pengalir sumber arus katoda (+) dan anoda (-). 3.Selang sebagai penyalur gas hydrogen dan oksigen 3.siapkan berbagai peralatan sebagai pendukung proses pembuatannya! 4.siapkan 2 lempengan sebagai tumpuan kawat stainless 5.bentuk tutup dan lempengan serta kawar seperti pada gambar,kedua lempengan di gabung jadi satu hingga mempunyai empat sirip dan dililitkan kawat sebagai kutup anoda dan katoda.ingat kedua kutub jangan sampai bersentuhan, 6.kemudian di tempelkan dengan perekat ke tutup botolnya.dan kedua kutub di tembuskan pada tutup botol dengan baut. 7.kemudian buat kedua lubang pada kutub sebagai saluran masuk ke saluran udara motor,dan satunya sebagai saluran pernafasan. Setelah tabung siap, isi air kira2 70% dan campur dengan soda kue,ingat jangan sampe ada gas yang bocor lho!,kecuali lubang pernafasan! Kemudian siapkan listrik DC dari kedua kutub dynamo motor km!sulit ya?gni aja kamu buat aja pararel dengam lampu motor kamu kan sama arusnya kalo di pararel. Setelah siap hubungkan kedua kutub dengan arus yang udah kamu pararelkan tadi,trus tancapkan selang dari tutup botol ke saluram filter motor,kemudian nyalakan motor km,liat pada tabung apa ada reaksi apa nggak!biasnya berupa gelembung berukuran sangat kecil yang berjumlah sangat banyak,tapi awas tidak sepenuhnya gelembung tadi adalah gas Hydrogen dan Oksigen.tapi juga ada uap air yang timbul akibat panasnya reaksi.maka kamu perlu membuat water tramp(penjebak air). Sementara cukup kapan2aku perbaiki lagi.cz kayaknya kurang lengkap ya!!

Komentar

Alfarokh mengatakan…
kira-kira ada efek sampinya ga tu?? soalnya kan dari air, biasanya busi kalau kena air, motor tidak bisa jalan. Dan apa ga mengakibatkan karatan pada silinder??
Unknown mengatakan…
ada efek jelas...
cuma gak berupa air..kan air udah jadi hidrogen ma oksigen..
cuma akibat panas yang di timbulkan kawat yang di aliri listik biasanya air menguap.makanya perlu adanya water tramp pada selang yang menuju intake...bisa di buat sederhana..hanya selang di lewarkan pada air..hanya di lewatkan saja.supaya tekanan udara normal n suhu bisa rendah..n uap air bisa jadi gabung ma water tramp!
ihsanhaqiqi.blogspot.com mengatakan…
salam hangat keluarga unesa bro, saya lulusan ari FE unesa . . .
Unknown mengatakan…
Domo arighato gozaimasu bro...

Postingan Populer